Buah vector

Buah vector

biodata

biodata

cover

cover

motif flora

motif flora

desain produk

desain produk

wedding cake

wedding cake

stempel

stempel

brosur

brosur

kartu nama

kartu nama

kartu nama 1

kartu nama 1

logo

logo

Selasa, 10 November 2009

Consumer Education

Consumer Education

If we look around us today, there are so many things to buy, sometimes advertisements are so convincing that we are persuaded into buying something we don’t really need. Do you often feed confused as to which item to buy ? Do you at one time or another regret buying a certain item ? These are some of the problems which we as consumers have to face every day.

Who are consumers ?
We are consumers because we buy and use products from the shops, supermarkets and markets. The producers introduce their products to us by means of advertisements – trough the radio, television newspapers and magazines, we as consumers, in turn buy these products for our own use. In this process money is circulated.

What is money ?
Money is a recognized symbol of exchange. You can exchange money for something that you want, for example, a beautiful dress, a plate of noodles, a pair of shoes and so on. It is also important to know that to have is not easy. One has to work for it.

How do we buy things ?
1. Cash – you have to pay the shopkeeper in cash when you buy a certain item.
2. Cash on delivery – this is actually buying through the mail or phone service. You pay cash when the item ordered is delivered to your house.
3. Hire purchase – Usually you are required to sign an agreement. Under this agreement, you, as a consumer, are required to pay a fixed amount of money for an agreed length of time at regular intervals. Items that are purchased by this method are usually things like furniture, refrigerators, washing machines and televisions. On the first payment, you are allowed to bring home the item.
What should a good consumer look for >
The following are some qualities that you should have in order to be good and educated consumers.
1. Understand the value of money. Nothing is free. You have to work for money. Since money is hard to come by, you must therefore use money with care, in other words, buy only the necessary items. Make sure also that you get the best value for your money when you shop.
2. Be able to budget. To make sure that you will have enough money to meet your daily essentials, budgeting is important. A budget is the best way of keeping control of money, so that you are able to know how much, you have and how much you have spent on your essentials, in this way you are able to make sure that the amount of money coming in will balance with the amount that goes out. To have a budget well-planned on paper alone is not enough; you must stick to it and try your very best not to spend on any item that has not been accounted for. Here is an example of a monthly budget for a teenager who is still in school.
Table 8.1
Particulars Money coming in Money going out Balance (amount saved)
1. Pocket money from parents
2. Transport
3. Drinks/food during recess in school
4. Stationery
5. Personal toiletries : talcum powder, deodorants sanitary towels, etc $ 50.00
$ 15.00
$ 20.00

$ 5.00
$ 5.00
$ 50.00 $ 45.00 $ 5.00

3. Develop a sensible attitude toward buying the necessary items for personal use. Firstly you should know what you need. List items out according to your priorities. Do not let yourself be carried away by what others have. Secondly buy only what you can afford, that is, within the means that your money allows you. Try not to be in dept when you are still dependent on your parents. Lastly, and most important of all avoid pestering your parents into buying something that you feel you must have because your friend has it.

Shopping for food for the family
There is a wide variety f fresh and processed food available in the market today. The wise consumers will take advantage of the choices available. Remember that wise shopping does not mean buying the cheapest items, but getting the best value for your money. When choosing the type of food, take into consideration you family needs and the time it will take to prepare it. To save time, money and energy when buying the family groceries, organize your buying and choose a place that.
a. Is convenient
b. Stocks a wide range of items
c. Offers generally low prices for items

Practical steps in the buying of food
1. Make a shopping list according to the place of purchase
2. Compare food prices to market, supermarket, grocery store or hawkers. This could be done through advertisements in the newspapers
3. Compare the unit price and quality of different forms of food, fresh, frozen or canned
4. Buy amounts sufficient for your family. Consider bulk buying whenever practical
5. Buy fresh food in season
6. For tinned food, the tin should be free from rust and dents and labels should be clear
7. Do not be deceived by colorful or attractive labels
8. Do not be tempted by offers of free gifts and bonuses
Shopping for clothing
Ask yourself these questions before buying any clothing
1. Is it suitable for the particular occasion ?
2. Is the style suitable for my figure type ?
3. Is the fabric used suitable for our weather and durable ?
4. Is it well-tailored ?
5. Is the price reasonable ?
6. Can I save some money if I sew the dress myself ?

Activities
1. Work out a monthly budget for yourself, and try your best to carry out your plan. Note down any problems or difficulties that you may encounter. Discuss these in class.
2. What would you buy if you had a lot of money to spend ? List the items out.
3. List out all the items you need to have and all the items you want to have. Compare.
4. When shopping, what does a well-educated consumer do ? Do you note the same points ? Next time you buy an item, what will you look for ? Discuss in class.

Pendidikan Konsumen

Jika kita melihat sekeliling kita hari ini, ada begitu banyak hal yang harus kita beli, kadang-kadang iklan tersebut begitu meyakinkan bahwa kita dibujuk untuk membeli sesuatu yang tidak benar-benar kita butuhkan. Apakah Anda sering merasa bingung dengan item yang akan dibeli ? Apakah Anda pada suatu waktu menyesal membeli barang tertentu ? Ini adalah beberapa masalah yang harus kita hadapi setiap hari sebagai konsumen.

Siapa konsumen ?
Kita adalah konsumen karena kita membeli dan menggunakan produk dari toko-toko, supermarket dan pasar. Para produsen memperkenalkan produk mereka ke kita melalui iklan - melalui radio, televisi, surat kabar dan majalah, kita sebagai konsumen, pada gilirannya membeli produk ini untuk kita gunakan sendiri. Dalam proses ini uang beredar.

Apa itu uang ?
Uang adalah simbol pertukaran yang diakui. Anda dapat menukar uang untuk sesuatu yang Anda inginkan, misalnya, gaun indah, sepiring mie, sepasang sepatu dan sebagainya. Hal ini juga penting untuk mengetahui bahwa untuk memiliki tidaklah mudah. Kita harus bekerja untuk itu.

Bagaimana kita membeli sesuatu ?
1. Tunai - Anda harus membayar tunai penjaga toko saat Anda membeli barang tertentu.
2. Pengiriman tunai - ini sebenarnya membeli melalui surat atau layanan telepon. Anda membayar tunai ketika barang yang dipesan dikirim ke rumah Anda.
3. Pembelian dengan mencicil - Biasanya Anda diminta untuk menandatangani perjanjian. Di dalam perjanjian ini, anda, sebagai konsumen, diharuskan untuk membayar jumlah uang yang tetap untuk jangka waktu yang disepakati secara teratur. Item yang dibeli oleh metode ini biasanya hal-hal seperti perabot, lemari es, mesin cuci dan televisi. Pada pembayaran pertama, Anda diperbolehkan untuk membawa pulang item.

Apa yang harus dicari konsumen yang baik ?
Berikut ini adalah beberapa sifat yang harus Anda miliki untuk menjadi konsumen yang baik dan berpendidikan.
1. Memahami nilai uang. Tidak ada yang gratis. Anda harus bekerja untuk uang. Karena uang sulit didapat, karena itu Anda harus menggunakan uang dengan hati-hati, dengan kata lain, hanya membeli item yang diperlukan. Pastikan juga bahwa Anda mendapatkan nilai terbaik untuk uang Anda saat Anda berbelanja.
2. Dapat menganggarkan. Untuk memastikan bahwa Anda akan punya cukup uang untuk memenuhi kebutuhan pokok harian Anda, penganggaran adalah penting. Anggaran adalah cara terbaik untuk menjaga pengendalian uang, sehingga Anda dapat mengetahui berapa banyak, yang Anda miliki dan berapa banyak Anda telah menghabiskannya, dengan cara ini Anda dapat memastikan bahwa jumlah uang masuk akan seimbang dengan jumlah yang keluar. Untuk memiliki anggaran yang direncanakan dengan baik di atas kertas saja tidak cukup; Anda harus mematuhinya dan mencoba yang terbaik untuk tidak menghabiskan pada item apapun yang belum dipertanggungjawabkan. Berikut adalah contoh anggaran bulanan untuk seorang remaja yang masih sekolah.
Tabel 8.1
Keterangan Pemasukan Pengeluaran Saldo (jumlah yang disimpan)
1. Uang saku dari orangtua
2. Transportasi
3. Minuman / makanan selama istirahat di sekolah
4. Alat tulis
5. Peralatan mandi pribadi : bedak, deodoran pembalut, dll $ 50.00
$ 15.00
$ 20.00

$ 5.00
$ 5.00
$ 50.00 $ 45.00 $ 5.00

3. Mengembangkan sikap yang masuk akal membeli item yang diperlukan untuk penggunaan pribadi. Pertama-tama Anda harus tahu apa yang Anda butuhkan. Daftar item keluar menurut prioritas Anda. Jangan biarkan diri Anda terbawa oleh apa yang orang lain miliki. Kedua hanya membeli apa yang Anda mampu, yaitu, dalam arti bahwa uang Anda memungkinkan Anda. Cobalah untuk tidak berada di dept ketika anda masih tergantung pada orangtua Anda. Terakhir, dan yang paling penting dari semua menghindari mengganggu orang tua Anda untuk membeli sesuatu yang Anda merasa Anda harus memiliki karena teman Anda.

Berbelanja makanan untuk keluarga
Ada berbagai makanan segar dan olahan yang tersedia di pasaran saat ini. Konsumen yang bijaksana akan mengambil keuntungan dari pilihan yang tersedia. Ingat bahwa belanja bijaksana tidak berarti membeli barang-barang murah, tapi mendapatkan nilai terbaik untuk uang Anda. Ketika memilih jenis makanan, mempertimbangkan kebutuhan keluarga Anda dan waktu yang diperlukan untuk mempersiapkan itu. Untuk menghemat waktu, uang dan energi saat membeli bahan makanan keluarga, mengatur pembelian dan memilih tempat itu.
a. Apakah nyaman
b. berbagai item saham
c. Umumnya menawarkan harga rendah untuk item

Langkah-langkah praktis dalam membeli makanan
1. Buatlah daftar belanja sesuai dengan tempat pembelian
2. Bandingkan harga pangan ke pasar, supermarket, toko kelontong atau pedagang asongan. Ini dapat dilakukan melalui iklan di koran
3. Membandingkan harga satuan dan kualitas berbagai bentuk makanan, segar, beku atau kalengan
4. Membeli jumlah yang cukup untuk keluarga Anda. Pertimbangkan kapan pembelian grosir yang praktis
5. Membeli makanan segar dalam satu musim
6. Untuk makanan kaleng, kaleng harus bebas dari karat dan penyok dan label harus jelas
7. Jangan tertipu dengan label berwarna-warni atau menarik
8. Jangan tergoda dengan tawaran hadiah gratis dan bonus

Berbelanja pakaian
Tanyakan kepada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini sebelum membeli pakaian apapun
1. Apakah cocok untuk acara tertentu ?
2. Apakah gaya yang cocok untuk tipe ukuran saya ?
3. Apakah kain yang digunakan cocok untuk cuaca dan tahan lama ?
4. Apakah berpakaian dengan baik ?
5. Apakah harga yang masuk akal ?
6. Apakah saya dapat menyimpan sejumlah uang jika aku menjahit baju sendiri ?

Kegiatan
1. Bekerja di luar anggaran bulanan untuk diri sendiri, dan mencoba yang terbaik untuk melaksanakan rencana Anda. Tuliskan masalah atau kesulitan yang mungkin Anda hadapi. Diskusikan ini di kelas.
2. Apa yang akan Anda beli jika Anda memiliki banyak uang untuk dibelanjakan? Daftar barang-barang keluar.
3. Daftar semua item yang perlu Anda miliki dan semua item yang ingin Anda miliki. Bandingkan.
4. Saat berbelanja, apa yang dilakukan konsumen terpelajar ? Apakah Anda mencatat poin yang sama ? Lain kali Anda membeli item, apa yang akan Anda cari ? Diskusikan di kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar