Buah vector

Buah vector

biodata

biodata

cover

cover

motif flora

motif flora

desain produk

desain produk

wedding cake

wedding cake

stempel

stempel

brosur

brosur

kartu nama

kartu nama

kartu nama 1

kartu nama 1

logo

logo

Selasa, 10 November 2009

khasiat apel


MATA KULIAH BAHASA INGGRIS 1
Nama Kelompok:
1. Novi Nur Indah Sari ( 095443013 )
2. Ninuk Andayani ( 095443205 )
3. Amalia Linda ( 095443208 )
4. Septianingsih ( 095443215 )


D3 Tata Boga

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS TEKNIK
JURUSAN PKK
2009






KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadiran Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan keruniaNya, sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Shalawat dan salam sehingga dilimpahkan olehNya kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW, para sahabatnya dan pengikutnya, Amin.

Makalah yang berjudul “Khasiat Apel”, adalah merupakan persyaratan untuk memenuhi mata kuliah Pengajaran Bahasa inggris I.Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada orangtua dan juga sahabat-sahabat saya.

Dalam penulisan makalah ini saya menyadari akan adanya kekurangan dan ketidaksempurnaan, sehingga penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pehak guna kesempurnaan makalah ini, dan semoga bermanfaat bagi kita semua.



Surabaya, 28 Oktober 2009



Penyusun


i





DAFTAR ISI

Kata Pengantar……………………………………………………………………..i

Daftar Isi……………………………………………………………………………ii

BAB I PENDAHULUAN…………………………………………………………1
1.1 Latar Belakang Masalah………………………………………………………1
1.2 Rumusan Masalah……………………………………………………………..1
1.3 Tujuan…………………………………………………………………………1

BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Buah Apel……………………………………………………….. 2
2.2 Kandungan………………………………………………………………….. 2
2.3 Teknologi Pengolahan………………………………………………………. 5
2.4 Teknik Pengolahan Apel…………………………………………………….. 7

BAB III Kesimpulan Dan Sarana……………………………………………….. 11
BAB IV Daftar Pustaka…………………………………………………………..11









ii


BAB I
PENDAHULUAN


I.I. Latar Belakang Masalah
Dalam kehidupan sehari-hari tanpa disadari banyak hal-hal yang berhubungan dengan buah apel. adalah salah satu jenis makanan yang memiliki
kandungan gizi, vitamin dan mineral yang pada umumnya sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Dibandingkan dengan suplemen obat obatan kimia yang di jual di toko toko, buah jauh lebih aman tanpa efek samping yang berbahaya serta dari sisi harga umumnya jauh lebih murah dibanding suplemen yang memiliki fungsi yang sama. Buah seringkali memiliki nilai ekonomi sebagai bahan pangan maupun bahan baku industri karena didalamnya di simpan berbagai macam produk metabolisme tumbuhan, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, alkaloid, hingga terpena dan terpenoid.

I.2. Rumusan masalah
A. Arti apel
B. Kandungan dan Khasiat apel

I.3. Tujuan
Untuk pengetahuan tambahan bagi para pembaca tentang apel dan khasiatnya.





1




BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Buah Apel
Apel adalah buah dari genus Malus yang termasuk family Rosaceae.

Buah apel telah menjadi sangat populer sehingga dapat dibeli di banyak tempat antara lain supermarket, pasar dan toko buah. Banyak orang yang mengetahui bahwa apel adalah buah yang berkhasiat tinggi sehingga ada pendapat “makan satu apel sehari, dokter tidak diperlukan lagi”. Apel, siapa yang tidak kenal dengan buah ini? Buah ini mudah didapatkan karena dijual di berbagai tempat penjualan buah. Berbagai jenis dan warna buah apel ada di mana-mana. Apel banyak disukai karena rasanya yang khas. Berdasarkan penelitian, dalam satu buah apel saja diyakini memiliki banyak khasiat yang bermanfaat bagi tubuh.

2.2 Kandungan Apel
Kumpulan.info - Apel banyak memiliki kandungan vitamin, mineral serta unsur lain seperti fitokimian, serat, tanin, baron, asam tartar, dan lainnya. Zat inilah yang sangat dipelukan bagi tubuh kita untuk mencegah dan menanggulangi berbagai penyakit. Untuk selanjutnya, akan dibahas tentang apa saja yang terkandung pada buah apel? Dan apa saja manfaat dari buah apel?

 Kaya vitamin
Buah apel kaya akan kandungan vitamin. Beberapa vitamin yang terdapat dalam buah apel misalnya vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C.

2
 Kaya mineral
Buah apel mengandung banyak mineral. Mineral dalam buah apel antara lain kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc.

 Fitokimi
Buah apel juga mengandung fitokimia. Fitokimia merupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas yang berasal dari polusi atau lingkungan sekitar. Zat ini juga berfungsi untuk menekan jumlah kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

 Kaya Serat
Apel kaya akan serat, sehingga baik untuk orang yang sedang dalam program diet. Hal ini disebabkan karena serat yang tinggi sehingga mencegah lapar datang lebih cepat.
Serat untuk mengurangi lemak dan kolesterol
Buah apel mengandung serat yang berguna mengikat lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh untuk selanjutnya dibuang.

 Tanin
Buah apel juga memiliki kandungan tanin. Tanin adalah zat yang berfungsi membersihkan dan menyegarkan mulut, sehingga dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi.

 Baron
Di dalam buah apel terdapat baron. Apakah baron itu? Baron berfungsi mempertahankan jumlah estrogen dalam tubuh seorang wanita.


3
 Flavoid
Salah satu kandungan buah apel yang baik untuk menjegah penyakit adalah flavoid. Flavoid merupakan zat yang berfungsi menurunkan risiko kanker.

 Asam D-glucaric
Apakah Asam D-glucaric itu? Asam D-glucaric merupakan zat yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Asam D-glucaric juga terdapat di dalam buah apel.

 Quercetin
Quercetin merupakan zat yang dibutuhkan untuk meningkatkan kadar antioksidan sehingga tubuh terasa lebih sehat dan mencegah berbagai penyakit. Buah apel mengandung zat quercetin.

 Asam tartar
Di dalam sebuah apel juga terdapat asam tartar. Asam tartar yang dapat menyehatkan saluran pencernaan, karena zat ini mampu membunuh bakteri yang ada dalam saluran pencernaan.
Melihat banyaknya unsur kesehatan yang dapat dimanfaatkan, tentu kita dapat mencoba untuk mengkonsumsi satu buah apel setiap hari.










4

2.3 Teknologi Pengolahan
Khasiat Buah Apel








1. Menurunkan kadar kolesterol
Apel dikenal mengandung fitokimia, zat antioksidan yang efektif melawan kolesterol jahat (LDL). Life Science tahun 1999 menulis, selain menurunkan kolesterol jahat, apel juga meningkatkan kolesterol baik (HDL). Kandungan pektin dan asam D-glucaric dalam apel berjasa membantu menurunkan kadar kolestero) jahat dalam tubuh.

2. Mencegah kanker dan menyehatkan paru-paru
National Cancer Institute di AS melaporkan, zat flavonoid dalam apel terbukti dapat menurunkan risiko kanker paru-paru sampai 50 persen. Penelitian dari Cornell University di AS juga menemukan bahwa zat fitokimia dalam kulit apel menghambat pertumbuhan kanker usus sebesar 43 persen.

3. Mencegah penyakit jantung dan stroke
British Medical Journal (1996) mencatat, apel terbukti mencegah serangan stroke. Publikasi penelitian di Finlandia (1996) menunjukkan, orang berpola makan kaya flavonoid mengalami insiden penyakit jantung lebih rendah.

5

4. Menurunkan berat badan
Sebagai sumber serat yang baik, apel baik untuk pencernaan dan membantu menurunkan berat badan. Apel merupakan camilan yang sangat baik untuk orang yang sedang menurunkan berat badan karena kadar seratnya tinggi, sehingga mencegah rasa lapar datang lebih cepat.

5. Menjaga kesehatan gigi
Apel juga mengandung tanin, zat yang bermanfaat mencegah kerusakan gigi periodontal. Penyakit gusi ini disebabkan saling menempelnya bakteri pembentuk plak. Itu menurut Journal of American Dental Association (1998).

6. Membuat perempuan tetap cantik
Kandungan boron dalam apel terbukti membantu wanita mempertahankan kadar hormon estrogen saat menopause. Mempertahankan estrogen berarti mengurangi gangguan yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon di kala menopause, misalnya semburan panas, nyeri, depresi, penyakit jantung, osteoporosis.

7. Melindungi tubuh dari virus flu
Konowalchuck pada tahun 1978 mengeluarkan publikasi mengenai efek antivirus dalam minuman sari buah apel. Menurutnya, sari apel sangat baik untuk melawan serangan infeksi virus karena stamina dan kekebalan tubuh meningkat berkat konsumsi sari apel itu.








6
2.4 Teknik Pengolahan Apel
Apel Buah Ajaib Penangkal Penyakit..!

Tepung Apel Sebagai Bahan Kue
Apel merupakan salah satu resep bahan pangan yang berperan penting bagi tubuh kita bila ditinjau dari kandungan zat gizinya, terutama vitamin dan mineral.
Selain dimakan sebagai buah yang bergizi, apel dapat diproduksi menjadi beragam bahan pangan yang memiliki nilai jual tersendiri. Apa saja itu? ikuti 3 bahasan tema hasil produksi apel di 3 edisi berikut ini.
Karakter Apel
Sebelum mengolah buah apel, ada baiknya kita mengetahui resep bagaimana kandungan zat gizi maupun karakter buah apel. Buah apel merupakan komoditi buah-buahan klimakterik dengan komposisi kimia seperti terlihat di bawah ini:
1. Air = 84,4 %
2. Energi = 58 kal
3. Protein = 0,2 gr
4. Lemak = 0,6 gr
5. Karbohidrat total = 14,5 gr
6. Karbohidrat serat = 1 gr
7. Abu = 0,3 mg
8. Kalsium = 7 mg
9. Phosphor = 10 mg
10. Besi = 0,3 mg
11. Sodium = 1 mg
12. Vitamin A = 90 IU
13. Thiamin = 0,03 mg
14. Potasium = 110 mg
15. Riboflavin = 0,02 mg
16. Niasin = 0,1 mg
17. Vitamin C = 4 mg
7
Kandungan gula yang terdapat dalam buah apel pada umumnya terdiri dari 0,66 - 0,68% sukrosa, 1,23 - 5,8% glukosa dan 6,92 - 11,38 % fluktosa.

Protein yang terdapat dalam buah apel berjumlah kurang dari 1%, tetapi mempunyai peranan penting sebagai bahan struktur dari membran sel dan sebagai biokatalis. Asam organik utama yang terkandung di dalam buah apel adalah asam malat dan asam sitrat. Asam malat terdapat dalam jumlah terbanyak, yaitu sekitar 3%.

Kandungan vitamin dan mineral pada buah berbeda-beda, hal ini disebebkan karena faktor varietas dan kondisi lingkungan. Apel merupakan sumber vitamin C atau asam askorbat yang baik. Rata-rata vitamin C dalam buah apel adalah 5-6 mg/100 gr. Kandungan vitamin C secara nyata dipengaruhi oleh kondisis pertumbuhan, penyimpanan dan resep cara pengolahan sebelumnya. Selain itu jenis dan tempat tumbuh, varetas apel dapat mempengaruhi kadar asam askorbat.

Timbulnya cita rasa buah apel disebabkan karena rasio atntara gula dan asam. Adanya tanin dalam buah apel ikut menentukan rasa sepat.

Resep Tepung Apel
Tema bahasan awal di edisi ini adalah resep cara mengolah apel menjadi tepung apel. Karakter maupun kandungan gula dan asam yang terdapat dalam gandum maupun apel berbeda, sehingga pengolahan dan perlakuan kedua bahan tersebut berbeda.

Gandum memiliki karakter resep bahan yang kering dan tidak memiliki rasa, sedangkan apel merupakan buah yang berair dan memiliki kandungan gula maupun asam yang lebih tinggi dari gandum. Sehingga prosses pembuatan tepung kedua bahan ini berbeda.
8
Agar hasil tepung apel putih, sebaiknya cuci apel dengan jeruk nipis atau rendan dalam air garam sebelum melalui proses pengeringan. Untuk lebih jelasnya, ikuti resep pengolahan tepung apel berikut ini:

Pembuatan Tepung Apel Anna.
1. Pilih apel anna yang tidak masuk dalam grade (apel yang berukuran kecil, hasil sortiran dan lama tidak terjual, petani menyebutnya apel BS)
2. Kupas kulit apel anna.
3. Cuci kulit apel dengan jeruk nipis (untuk menghindarikan browning / apel menjadi cokelat), buang bijinya dan parut kasar. Rendam selam 10 - 15 meit dalam air garam dengan perbandingan 1 liter air : 1 sendok makan peres garam.
4. Keringkan apel dengan alat pengering buatan (drying cabinet) pada suhu 65 derajat celcius selama 24 jam.
5. Haluskan apel dengan blender lalu ayak.
6. Simpan segera tepung apel dalam wadah kedap udara.
Note: 1 kg apel dapat menghasilkan 250 gram tepung apel.

Tips:
1. Semua jenis apel dapat dibuat menjadi tepung. Jenis Greeny Smith (GS) akan menghasilkan tepung yang lebih putih.
2. Daya tahan tepung apel dalam wadah kedap udara adalah 2 minggu sampai 1 bulan.
3. Tepung yang dibiarkan dalam tempat yang tebuka akan cepat menggumpal.
4. Tepung apel yang melewati batas kadaluarsa akan berubah warna dan akan timbul jamur.
5. Hindarkan pengeringan menggunakan oven ataupun sinar matahari, karena tepung akan berubah warnanya (warnanya akan lebih kecokelatan).

9
Apel Malang, Yang Kecut, Yang Berkhasiat Atasi Kolesterol
Jangan tidak acuh bila badan anda terasa pegal-pegal dan sering mengantuk padahal anda tidak melakukan aktivitas berat yang melelahkan. Ditambah lagi, anda kurang menjaga pola makan. Coba periksakan, jangan-jangan kadar kolesterol dalam darah anda melebihi batas normal!
Tapi, jangan terlalu khawatir juga, karena herbal memberi solusi lagi kali ini :) Bukan apel Malang Manalagi yang terasa manis. Tapi apel Malang yang rasanya kecut ternyata memiliki khasiat mengatasi kolesterol, begitu kata seorang ibu rumah tangga yang rutin minum air rebusan apel Malang sejak dinyatakan oleh hasil lab. bahwa kadar kolesterolnya tinggi.
Resep - rebus 3 buah apel Malang ukuran sedang di dalam 2 gelas air; - rebus terus hingga tersisa 1 gelas.
Aturan Pakai - minum 1 gelas air rebusan apel Malang tersebut tiap pagi dan sore hari.
Apel Malang, Yang Kecut, Yang Berkhasiat Atasi Kolesterol
Jangan tidak acuh bila badan anda terasa pegal-pegal dan sering mengantuk padahal anda tidak melakukan aktivitas berat yang melelahkan. Ditambah lagi, anda kurang menjaga pola makan. Coba periksakan, jangan-jangan kadar kolesterol dalam darah anda melebihi batas normal!
Tapi, jangan terlalu khawatir juga, karena herbal memberi solusi lagi kali ini. Bukan apel Malang Manalagi yang terasa manis. Tapi apel Malang yang rasanya kecut ternyata memiliki khasiat mengatasi kolesterol, begitu kata seorang ibu rumah tangga yang rutin minum air rebusan apel Malang sejak dinyatakan oleh hasil lab. bahwa kadar kolesterolnya tinggi.
Resep
- rebus 3 buah apel Malang ukuran sedang di dalam 2 gelas air;
- rebus terus hingga tersisa 1 gelas.
Aturan Pakai
- minum 1 gelas air rebusan apel Malang tersebut tiap pagi dan sore hari



10
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan
Walau bentuknya mungil namun apel punya manfaat yang besar. Makan satu apel sehari dijamin bisa bikin tubuh tambah sehat. Nggak hanya itu aja, apel juga bisa Menurunkan koleterol,Membantu pencernaanSebagai "sikat gigi" alami,Membantu penurunan berat badan dan dapat dijadikan tepung.

Saran
“makan satu apel sehari, dokter tidak diperlukan lagi”.
Nah, tunggu apalagi, segera masukkan apel dalam menu harian Anda….!


BAB IV
DAFTAR PUSTAKA

www.depkes.go.id

www.//kumpulan.info/sehat/artikel-kesehatan/48-artikel-kesehatan/101-manfaat-buah-apel

myunusw.wordpress.com







11

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar